Minggu, 25 April 2010

Membangun jiwa wirausaha




Membangun jiwa wirausaha dengan
Business center
Oleh : Bambang Mintarso

Wirausahawan (Enterpreuner) adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan. Berjiwa berani mengambil resiko artinya bermental mandiri dan berani memulai usaha, tanpa diliputi rasa takut dan cemas sekalipun dalam kondisi tidak pasti(Kasmir, 2007: 18)
Untuk mengahadapi persaingan di era global saat ini maupun yang akan datang, maka individu yang mantaplah yang dapat bersaing, para individu khususnya para siswa yang sekarang masih duduk di bangku sekolah harus mempunyai bekal yang cukup untuk menghadapi persaingan nanti saat setelah lulus sekolah. Dengan hanya berbekal ketrampilan kejuruan saja belum cukup untuk bersaing, karena lapangan pekerjaan yang ada tidak seimbang dengan banyaknya lulusan sesuai keahliannya, Untuk itu para siswa yang sekarang disamping harus menyiapkan diri dengan meningkatkan keahlian dibidang kejuruannya juga harus mempunyai jiwa wirausaha agar mampu bersaing dengan membangun usaha mandiri yang minimal dapat mensejahterakan diri sendiri, keluarga dan teman serta masyarakt sekitarnya.
SMK PGRI 1 Mejobo kudus dengan mendapat dukungan dari berbagai pihak, antara lain dari pemerintah lewat Pemerintah provinsi Jawa Tengah yang telah ditetapkan sebagai PROVINSI VOKASI yang salah satu tujuannya adalah meningkatkan peran SMK sebagai penggerak utama (Prime Mover) untuk memberikan kontribusi terhadap upaya pengurangan angka pengangguran dan kemiskinan. Salah satu peran tersebut adalah menjadikan SMK Sebagai pusat Produksi dan Pemasaran (Product and Marketing Center) yang dalam programnya adalahpenegmbangan SMK sebagai Business Center yang bertujuan untuk memandirikan SMK dan pengembangan Potensi kewirausahaan
Business Center SMK PGRI 1 Mejobo Kudus diharapkan menjadi sarana berwirausaha bagi seluruh warga sekolah, baik siswa, guru dan tenaga kependidikan serta alumni, dengan adanya Business Center akan tercipta jaringan bisnis yang kuat dan handal dan berdaya saing di masyarakat. Dengan terbangunnya jaringan bisnis yang kuat dan berdaya saing yang melibatkan semua komponen, khusunya para siswa dan alumni akan ikut berperan mengurangi angka pengangguran yang berdampak juga mengurangi kemiskinan. Karena kemiskinan terjadi karena adanya pengangguran, pengangguran terjadi karena tidak ada pekerjaan. Dengan adanya Business Center SMK PGRI 1 Menjobo Kudus yang membuka peluang berwirausaha akan menciptakan lapangan pekerjaan baru sehingga siswa dan alumni dapat berusaha untuk meningkatkan kesejahteraannya.
Disamping bertujuan ekonomis untuk menjadi sarana berusaha untuk mendaptkan dan meningkatkan profit, keberadaan Business center SMK PGRI 1 Mejobo Kudus berfungsi ganda, yakni sebagai sarana praktikum riil kepada para siswa yang masih belajar, dengan mengaplikasikan konsep-konsep bisnis yang ada dan bahkan diharapkan terjadi inovasi-inovasi konsep bisnis baru yang mempunyai daya saing. Dengan memadukan semua program keahlian yang ada di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus diprogramkan Business Center akan berkembang menjadi Pusat Bisnis di Kudus dan akan menjadikan SMK PGRI 1 Mejobo Kudus menjadi Sekolah Bisnis modern berbasis Tehnologi Informasi yang tangguh. (April 2010)

Tidak ada komentar: