Sabtu, 24 April 2010

Mengoptimalkan komputer lama

Oleh: Bambang Mintarso

Ngiler dengan iklan computer terbaru yang spesifikasinya serba wah? Dan harganya juga wah!Boleh saja jika memang anda punya dana untuk itu. Tetapi jangan serta merta and buang begitu saja PC lama anda dirumah, mentang-mentang sudah berniat membeli yang baru. Biar jadul, produk tersebut masih bisa dioptimalkan sehingga kinerjanya tidak kalah jauh dengan PC baru. Setidaknya masih bisa dipakai untuk belajar dan bekerja. Bagaimana caranya? Silahkan simak beberapa kiat berikut:
1. Ganti Hard Disk
Mengganti hard disk merupakan langkah awal untuk mengoptimalkan PC jadul. Gantilah hard disk lama anda dengan kapasitas yang lebih besar dan kecepatan yang lebih tinggi. Pasanglah hard diskbaru tersebut sebagai drive primer/master lalu gunakan untuk menginstall system operasi dan aplikasinya. Bagaimana dengan hard disk yang lama? Manfaatkan saja sebagai drive sekunder/slave untuk menyimpan data yang jarang diakses. Oh ya, sekedar informasi sebelum memasang driver: setiap motherboard memeiliki dua buah port IDE yang masing-masing portnya dapat menangani dua buah drive. Untuk mendapatkan kinerja yang maksimal, pasang drive dengan dengan kapasitas yang lebih besar dan kecepatan lebih tinggi di port primer dan setel drive tersebut sebagai master. Sedangkan drive yang kapasitasnya lebih kecil dan kecepatannya lebih rendah silahkan dipasang di port sekunder dan disetting sebagai drive slave.
2. Tambah memori
Penambahan memori merupakan cara yang praktis dan murah untuk meningkatkan performa PC anda. Dengan bertambahnya memori computer dapat bekerja lebih maksimal karena data yang akan diakses telah disimpan sebelumnya dalam memori PC. Anda dapat menambahkan memori tanpa membuang memori lama anda jika masih tersedia clot memori yang kosong. Tapi harap diperhatikan, jika anda memasang beberapa memori sekaligus, pastikan memeori yang dipasang memeiliki clock speed yang samaagar PC anda dapat bekerja secara optimal.
3. Rapikan kabel
Dengan merapikan kabel-kabel yang ada di dalam casing PC anda, akan didapatkan sirkulasi udara yang baik. Jika perlu tambahkan kpas pendingin agar PC anda tetap segar sekaligus mencegah terjadinya overheating
4. Pasang card tambahan
Piranti pendukung PC saat ini umumnya menggunakan port USB dan Firewire untuk keperluan mentransfer data. USB flash disk, printer, scanner, keyboard, mouse dan lain sebagainya sudah banyak yang memanfaatkan kedua port ini. Jadi, tambahkan card USB PCI atau FireWire PCI untuk meningkatkan kinerja transfer data ke piranti pendukung lain. Tambahkan juga Ethernet card agar PC anda dapat terhubung ke jaringan. Jika di rumah anda sudah ada koneksi internet. Anda dapat membuat jaringan internet sederhana dengan PC yang anda miliki untuk sharing printer, dokumen atau berbagi koneksi internet. Anda mungkin perlu juga menambahkan drive DVDR/RW untuk mengoptimalkan kerja PC anda.
5. Pakai Linux
Kenapa Linux? Karena jika menggunakan system operasi ini, computer anda dapat bekerja dengan lebih optimal. Kok bisa? Sebab Linux tidak memerlukan driver resource yang tinggi untuk dapat beroperasi. Jika PC anda termasuk generasi intel Pentium I dan II. Anda dapat memanfaatkan distro seperti Zencafe, Linux Mint dan Puppy Linux

Tidak ada komentar: